KOMUNITAS ASEAN 2015; PENTINGKAH PERAN SERTA MASYARAKAT?

MATARAM – Sebanyak 25 orang bloger dan penggiat media sosial dari komunitas di Mataram mengikuti acara ‘Pemasyarakatan Pembentukan Komunitas ASEAN 2015 Kepada Bloger Mataram. Komunitas yang hadir antara lain yaitu Komunitas ON|OFF Lombok, Komunitas Bloger Sasambo, Komunitas Sheila Gank Lombok, dan Forum Lingkar Pena Mataram. Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri RI dan Asean Blogger ini bersamaan dengan pelaksanaan Festival Keraton dan Masyarakat Adat ASEAN yang tahun ini dipusatkan di Mataram.

20131026-155316.jpg

Hadir dalam kesempatan hari ini (26/10), nara sumber dari Kementerian Luar Negeri RI (Bagas Hapsoro) dan Sekretaris ASEAN Blogger (Ajeng). Acara yang dimulai pukul 10.30 Wita setelah selesai pembukaan secara resmi pelaksanaan Festival Keraton dan Masyarakat Adat ASEAN ini dipandu oleh moderator dari Komunitas ON|OFF Lombok (Kiky Rizky Amelia).

20131026-155323.jpg

Dalam materinya, Bagas memaparkan tentang definisi Komunitas ASEAN secara garis besar.

“Nantinya dalam komunitas ASEAN ini, masyarakat juga terlibat, termasuk bloger dan penggiat media sosial,” urai Bagas saat menyampaikan materinya.

Sedangkan, Ajeng banyak mengupas tentang peran bloger Lombok dalam ikut mendukung Komunitas Blogger ASEAN. Terutama dalam hal ekspose wisata di Lombok.

“Banyak hal di Lombok yang bisa dieksplore. Wisatanya, kulinernya, adat budayanya, dan lain-lain. Lombok punya potensi untuk diceritakan dalam blog,” pungkasnya mengakhiri paparan materi.

Selesai penyampaian materi, acara yang diselenggarakan di Room Santika 7 itu dilanjutkan dengan tanya jawab. Banyak hal terungkap dalam sesi ini. Di antaranya, yaitu tentang upaya meningkatkan kepedulian penggiat sosial media termasuk blogger dalam menumbuhkan kecintaan pada budaya lokal. Bukan itu saja, seperti yang diungkap oleh salah seorang peserta, Eliyan Umamy, yang mempertanyakan tentang kenapa setiap event besar yang diselenggarakan oleh dinas/instansi jarang melibatkan anak-anak muda.

Selain itu, terungkap juga kenyataan, bahwa selama ini bloger di Lombok belum berkoordinasi dan berkomunikasi secara intensif.

“Karenanya, kami dari Komunitas ON|OFF Lombok akan berusaha mengadakan pertemuan kembali dengan peserta pasca acara ini guna merealisasikan kesepakatan pembentukan forum bloger Lombok,” kata Ketua Komunitas ON|OFF Lombok, Ari Diatmika, saat sesi tanya jawab.

20131026-155331.jpg

Setelah peserta memahami pentingnya peran serta masyarakat dalam pembentukan Komunitas ASEAN 2015, kesepakatan tindak lanjut pun dicapai. Selanjutnya acara ditutup dengan penyerahan kaos dari panitia secara simbolis dan foto bersama peserta dengan nara sumber.

20131026-155336.jpg

Semua peserta berharap semoga kesepakatan dalam acara ini dapat diwujudkan dalam bentuk nyata guna mendukung pembentukan Komunitas ASEAN 2015 dari grass root, dalam hal ini bloger dan penggiat media sosial.

20131026-155342.jpg

~ mo ~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s