#5BukudalamHidupku – Menyelaraskan Hobi dan Peningkatan Kapasitas Profesi

Tentang Buku

Buku berjudul cukup panjang “Pertanyaan dan Jawaban di Sekitar Penelitian Tindakan Kelas & Tindakan Sekolah” ini merupakan cetakan IV tahun 2010 oleh Cakrawala Indonesia lP3 Universitas Negeri Malang. Buku yang dikarang oleh Prof. Suhardjono ini diperuntukkan sebagai kegiatan pengembangan profesi guru dan pengawas sekolah. Buku berukuran 14,8 x 20,6 cm dan setebal 167 halaman ini terdiri dari empat bagian. Pada tiap bagiannya berisi uraian materi, latihan, dan lembar kerja.

Nilai Lebih Buku

Buku ini ditulis secara terstruktur, sehingga memudahkan pembaca untuk mengikuti setiap langkah-langkahnya. Nilai lebih buku ini terlihat pada penjelasan di awal tentang kerangka isi dan petunjuk penggunaan buku. Hal ini tentu saja membuat pembaca mendapat pemahaman yang benar dari awal membuka halaman. Selain itu, di dalam buku ini banyak terdapat latihan dan lembar kerja, sehingga selesai membaca satu bagian bisa langsung diimplementasikan.

Bagaimana Buku ini Mengubah Hidup Saya?

Mengubah pola pikir yang sudah terbenam dan membentuk mindset sendiri itu tidak mudah. Terbukti, setelah sekian lama otak saya dijejali dengan tips-tips menulis fiksi beserta imajinasi yang mengikutinya, saya butuh waktu untuk bisa mengubah mindset saya ke nonfiksi. Meskipun sebenarnya keduanya bisa saja dipadukan menjadi sebuah tulisan utuh, tetapi tetap saja tidak mudah. Awalnya saya sangat kesulitan untuk membedakan gaya penulisan fiksi dan nonfiksi. Kadang tanpa saya sadari, dalam beberapa karya ilmiah saya terselip gaya bahasa berbunga-bunga seperti pada tulisan fiksi. Tentunya hal ini akan sangat berpengaruh terhadap isi dan esensi tulisan nonfiksi. Seiring perjalanan waktu dan karena terbiasa, akhirnya saya bisa membedakan kapan menggunakan gaya bahasa fiksi dan waktu yang tepat menggunakan bahasa nonfiksi.

Seperti kita ketahui, dalam menulis fiksi, kita tidak pernah terlepas dari hal-hal yang bersifat nonfiksi. Keduanya terkait dan terikat satu sama lain. Pada dasarnya tulisan fiksi merupakan salah satu bagian penting dalam menulis fiksi. Betapa kondisi nyata dalam kehidupan yang dituliskan dalam buku nonfiksi bisa menjadi bahan untuk menulis fiksi. Terlebih terkait dengan riset untuk menulis tulisan fiksi.

Untuk jenis tulisan nonfiksi yang benar-benar berbeda, tidak mudah begitu saja menjadikannya sebagai bahan menulis fiksi. Dalam hal ini, tulisan nonfiksi berdiri sendiri.

Dengan berbagai metode penelitian yang ada dalam buku ini, saya bisa lebih peka terhadap masalah-masalah di sekitar saya. Terutama terkait dengan bidang pendidikan yang saya tekuni sekarang. Banyak hal saya peroleh, di antaranya yaitu, saya bisa menggunakan hasil penelitian berpedoman pada buku ini untuk tulisan fiksi saya. Memang tidak semua hasil penelitian dalam buku ini bisa dijadikan bahan tulisan fiksi, tetapi setidaknya hal ini membuka pikiran saya tentang pentingnya riset untuk sebuah tulisan. Tujuannya jelas, agar tulisan yang dihasilkan benar-benar merepresentasikan kenyataan yang ada.

Selanjutnya setelah membaca buku ini, ada bagian lain dalam diri saya yang diam-diam bergejolak. Keingintahuan tentang upaya penyelesaian masalah di sekitar menjadi lebih besar. Saya pun menjadi lebih peka untuk menganalisa masalah yang ada. Berpedoman pada buku ini, saya bisa menyusun hasil penelitian yang benar-benar bermanfaat dalam peningkatan kapasitas sesuai profesi saya saat ini. Bukan itu saja. Pemikiran saya menjadi lebih terbuka tentang kenyataan, bahwa menulis nonfiksi itu sama mengasyikkannya dengan menulis fiksi. Hal ini yang belum saya pahami sebelumnya. Buku ini berhasil membuat saya bisa menyelaraskan antara hobi dan peningkatan kapasitas profesi.

Catatan Kecil

Pembelajaran yang saya dapatkan setelah membaca buku ini adalah sebesar apa pun kecintaan terhadap hobi, ada baiknya tidak serta merta melupakan peningkatan kapasitas diri pada profesi yang sedang dijalani.

~ mo ~

Diikutsertakan dalam Proyek Menulis #5BukudalamHidupku oleh @irwanbajang

Leave a Reply

