#MTR2013 – Cinta dan Teka-teki Silang

Cinta. Tentang satu kata yang kadang tak disadari kehadirannya. Ada kalanya begitu tiba-tiba mengetuk pintu hati, tapi tak jarang diam-diam memilih pergi meninggalkan. Tidak bisa ditebak kapan waktunya memang. Meskipun sebenarnya tentang cinta bukanlah tebak-tebak buah manggis. Cinta itu teka-teki silang. Butuh satu demi satu huruf untuk dituliskan agar lengkap sebagai sebuah jawaban utuh. Tidak semua berhasil. Kadang kegagalan mengajak hati untuk meninggalkannya.

Pun cinta. Kekosongan satu kotak akan membuat teka-teki silang tidak akan bermuara pada jawaban. Kotak-kotak takkan lagi utuh. Perlahan akan mulai runtuh. Kekosongan kotak lainnya pun akan berpengaruh. Kotak kepercayaan, kesetiaan, kejujuran, kasih sayang, dan komitmen haruslah terisi secara lengkap.

Pagi ini, saya kembali berusaha membuka lembaran teka-teki silang yang pernah saya isi beberapa bulan yang lalu, tepatnya bulan Maret. Saya menemukan ada satu kotak kosong di sana, kesetiaan. Saya sudah belajar penuh dari waktu yang lambat bergulir. Tentang bagaimana menjaga dan memahami arti kata setia dalam penantian selama hampir 5 tahun. Hanya saja, waktu tidak sepenuhnya berpihak pada saya. Diam-diam, kesetiaan digerogoti oleh sebuah ego. Bukan saya, tapi dia. Saya sama sekali tidak melakukan pembenaran dengan mencari-cari kesalahan. Bukankah saling mencintai itu melibatkan dua sisi?

Perihal kesetiaan pada akhirnya juga akan diuji. Di negeri tempat dia menghirup udara, dia menentukan pilihannya. Bukan aku. Tak ada penolakan bukan berarti saya mengikhlaskan. Ini murni semu yang saya perlihatkan lewat usaha untuk berbesar hati menerima kekalahan.

Lalu, menyerahkah saya? Saya, mungkin Anda juga, tentu tidak akan menyerah begitu saja. Saya yakin ada waktu bagi yang tidak pernah berhenti melangkah maju. Hingga waktu mengantarkan saya pada penghujung tahun 2013. Saya harus bangkit dan terus bergerak. Kenapa? Karena saya bisa melakukannya.

Kini saya telah pulih dari keruntuhan. Sedikit demi sedikit mulai berusaha memercayai, bahwa hubungan bukan saja tentang lama waktu yang dibutuhkan, tetapi lebih pada upaya peningkatan kualitas hubungan, melengkapi kotak kepercayaan, kesetiaan, kejujuran, kasih sayang, dan komitmen. Dengan begitu, teka-teki silang akan menemukan jawaban.

Selamat menemukan jawaban!

~ mo ~

Advertisements

8 thoughts on “#MTR2013 – Cinta dan Teka-teki Silang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s