#pikniknasionalFM4 – Dari @fiksimini untuk Kemajuan Dunia Literasi

logo fm

Thank God It’s Fiksimini

Mataram (21/4) – Untuk keempat kalinya, @fiksimini menghadirkan keseruan dalam event tahunan memperingati ulang tahunnya. Pada tahun ini diselenggarakan di kota Surabaya dalam bentuk piknik nasional dengan @FMerSby sebagai tuan rumahnya. Hadir dalam acara yang digelar pada hari Sabtu tanggal 19 April 2014 ini, fiksiminier seluruh Indonesia yang totalnya berjumlah sekitar 30 (tiga puluh) orang. Keren!

Sumber: Dok. Pribadi
Mas Bagustian Iskandar dari Indie Book Corner Menyampaikan Materi (Sumber: Dok. Pribadi)

Acara yang digelar di Perpustakaan Bank Indonesia Mayangkara Surabaya ini berlangsung meriah. Berbagai acara dan game seru diselenggarakan sesuai rundown yang telah disusun. Salah satu acara yang cukup ‘jleb’ bagi peserta adalah sesi materi tentang Mendesain Sampul Buku oleh @Egavespa dari @indiebookcorner dan Teknik Menjual Buku indie oleh @ladangsandiwara, Pengembang Sosial Media @indiebookcorner. Beberapa yang hadir merasa tertohok dan tertantang untuk bisa menyelesaikan naskah dan menerbitkan buku sebagai salah satu indikator keberhasilan selama bergabung dengan komunitas fiksimini. Bermanfaat!

Sumber: @FMerSby
Pemotongan Tumpeng (Sumber: dok. @FMerSby)
Sumber: @FMerSby
Menyanyikan Lagu Selamat Ulang Tahun (Sumber: dok. @FMerSby)

Setelahnya, peserta bersama-sama menyanyikan lagu ‘Selamat Ulang Tahun’ dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Mama Na @ninaniena didampingi punggawa @FMerSby, Mbak @LVCBV, untuk diserahkan kepada pihak Bank Indonesia, Bapak @junanto oleh Papi @Oddie__. Sesi ini ditutup dengan doa dan makan siang bersama. Kenyang!

Sumber: Dok. Pribadi
Papi Oddie Membahas Tips dan Trik Fiksimini (Sumber: Dok. Pribadi)

Sesi lain yang tak kalah seru adalah sesi curhat tentang fiksimini. Dalam sesi yang dipimpin Papi @Oddie__ ini membahas tuntas tentang tips dan trik fiksimini. Hal ini penting bagi fiksiminier pemula, maupun fiksiminier tingkat lanjut yang sedang rihat menulis fiksimini di linimasa. Dalam kesempatan ini, Papi @Oddie__ menjabarkan tentang resep rahasia Momod @fiksimini dalam meretweet fiksimini yang dikirim followers. Di antaranya, yaitu memperhatikan EYD dan mention fiksimini sebaiknya diletakkan di belakang tweet untuk mempermudah kerja Momod. Selain itu juga, dalam kesempatan ini dikupas tuntas tentang suka dan duka Momod @fiksimini dalam menjalankan tugasnya. Terungkap juga di sini, bahwa menulis fiksimini adalah tentang proses belajar menulis. Dan, terselip juga harapan agar anggota komunitas @fiksimini bisa bersama-sama untuk menghasilkan karya terbaik demi kemajuan dunia literasi. Seru!

Sumber: Dok. Pribadi
Penyerahan Hadiah kepada Pemenang Game Fiksimini (Sumber: Dok. Pribadi)

Keseruan berlanjut dengan game fiksimini yang seru dipandu pembawa acara cantik nan rusuh, @rdnovindri. Dalam game ini, peserta dibagi menjadi pasangan-pasangan, sehingga ada 15 (lima belas) pasangan yang siap meliarkan imajinasi dalam kata-kata. Dalam satu pasangan, satu orang bertugas memberikan satu #topikfiksimini yang telah ditentukan (piknik, nasional, ulang tahun, dan empat) untuk ditulis menjadi sebuah fiksimini oleh pasangannya. Dari fiksimini yang dihasilkan ini, peserta diberi kesempatan untuk menjadi Momod KW. Masing-masing peserta diberi kesempatan mengutak-atik fiksimini siapa saja yang ada di linimasa @FMerSby. Pada akhir game ini, diserahkan hadiah buku kepada 5 (lima) orang pemenang, yaitu @Sekarputriayu, @dyandrasan, @commaditya, @penagenic, dan @baracoedaz. Top!

terlucu fmersby
Sumber: @FMerSby
Sumber: @FMerSby
Sumber: @FMerSby
Sumber: @FMerSby
Sumber: @FMerSby
Sumber: @FMerSby
Sumber: @FMerSby
Sumber: @FMerSby
Sumber: @FMerSby

Tidak hanya sampai di situ saja. Sesi selanjutnya pun tak kalah seru, yaitu pembacaan fiksiminier dalam lima kategori. Dan, berdasarkan polling yang telah dilakukan selama tiga hari sebelumnya, terpilih satu fiksiminier untuk masing-masing kategori, yaitu Fiksiminier Terlucu disandang @Irfanaulia, Fiksiminier Tergalau dimenangkan @Bungakata, Fiksiminier Tergigih dibawa pulang @momo_DM, Fiksiminier Ternyinyir dipersembahkan untuk Papah Gembul @JvTino, dan Fiksiminier Tersaru disematkan di dada Teh @MellaMariana. Berhubung banyak yang tidak hadir, pemenang diwakilkan. Keseruan terjadi saat peserta berebut untuk mewakili menjadi Fiksiminier Ternyinyir. Sepertinya peserta yang berebut punya bakat terpendam untuk nyinyir, atau… Memang sebenarnya sudah dan tinggal dikembangkan saja? Entahlah!

Sumber: @FMerSby
Sumber: @FMerSby

Dan, akhirnya tepat pukul 18.00 WIB, keseruan #pikniknasionalFM4 harus diakhiri. Sebelum ditutup, peserta diminta untuk memperkenalkan diri, tentang aktivitas sehari-hari dan juga pengalamannya berfiksimini ria. Dari perkenalan ini, banyak kejutan. Ternyata ada fiksiminier yang jauh-jauh datang dari luar kota untuk ikut piknik. Lalu, ada juga yang menceritakan tentang tugas kuliah dari dosennya, kalau tidak salah, membuat 50 fiksimini dalam jangka waktu 1 bulan. Kece!

Salah Satu Momen Berharga, Foto Bersama! (Sumber: dok. @FMerSby)
Salah Satu Momen Berharga, Foto Bersama! (Sumber: dok. @FMerSby)

Sebelum membubarkan diri dalam kebahagiaan, peserta mengikuti sesi yang paling seru dan ditunggu-tunggu. Sesi apa lagi, kalau bukan sesi FOTO BERSAMA! Bertempat di depan gedung Perpustakaan Bank Indonesia Mayangkara Surabaya, peserta mengatur posisi dan klik! Raut kebahagiaan pun berhasil diabadikan dalam lensa kamera. Puas!

Pesta Takkan Pernah Usai! (Sumber: dok. Pribadi)
Pesta Takkan Pernah Usai! (Sumber: dok. Pribadi)

Akhirnya, peserta bersalam-salaman sebelum akhirnya tiba waktu perpisahan. Banyak cerita seru dari teman baru saat ada temu. Pesta takkan pernah berakhir, sebab sejatinya pesta adalah tak kenal lelah untuk terus merayakannya dalam imajinasi lewat kata, salah satunya fiksimini. Terima kasih sambutan hangatnya, Surabaya! Kalian luar biasa! Sampai bertemu lagi tahun depan dalam keseruan #pikniknasionalFM5 di BALI! Luar biasa!

Thank God It’s Fiksimini.

– mo –

Advertisements

5 thoughts on “#pikniknasionalFM4 – Dari @fiksimini untuk Kemajuan Dunia Literasi

  1. Ahayyy, Papi Oddie hahaha
    Terima kasih atas tulisannya, MazMo.
    I love you fuuuuuuuuul! 🙂
    Thank God having you in @fiksimini!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s