#AyoKeJakBook2014 – Apa Asyiknya @JakartaBookFair 2014?!

APA ASYIKNYA?!

Tidak asyik sama sekali, kalau kamu bukan pencinta buku! Beda kasusnya, jika kamu adalah pencinta buku, termasuk di dalamnya adalah book hoarder. Suka membeli buku, tapi entah kapan dibacanya. Hehe… Namun, bukan itu saja. Asyik juga untuk yang bukan pencinta buku, tapi menyukai pencinta buku. Kesempatan besar untuk bertemu dengan orang-orang keren di tempat ini sangat besar. Hehe…

Tak terkecuali saya. Sebagai seorang pencinta buku yang tinggal di sebuah kota kecil, saya sangat mendambakan hiruk-pikuk pesta buku. Dari balik keindahan pulau Lombok, saya bercita-cita kalau suatu saat saya harus bisa ikut berpesta! Dan, benar saja. Kesempatan itu pun tiba pada bulan November 2012.

Selesai mengikuti sebuah pelatihan di Puncak, saya pun berniat menghabiskan sisa waktu perjalanan. Awalnya saya berencana hendak ke Bandung. Berhubung ada info kemacetan parah di Pasteur mengingat long weekend, saya memutuskan untuk ke Bogor. Kebetulan di Bogor ada seorang penulis @gagasmedia yang kece badai, @adit_adit. Berkat kegigihannya, akhirnya saya bisa berkumpul (lagi) dengan teman-teman lain yang saya kenal dari jalur self-publishing. Dari hasil obrolan waktu itu, diputuskan untuk bertemu lagi di Jakarta dalam event Indonesia Book Fair 2012 (IBF 2012).

Kesepakatan tentang waktu dan tempat berkumpul pun akhirnya disepakati. Sebelum ke lokasi, dengan naik kereta dari Bogor, saya turun di stasiun Depok Lama dengan bekal insting. Tujuan saya, yaitu singgah sejenak di rumah keponakan. Setelahnya, saya hanya minta diantar ke stasiun kereta terdekat saja. Tetapi, akhirnya keponakan memutuskan untuk mengantarkan langsung ke lokasi IBF 2012 di Senayan.

Panas kota Jakarta menyambut kedatangan saya di depan pintu masuk. Meskipun demikian, saya tak henti-hentinya tersenyum. Kalian pasti tahu kenapa, bukan? Iya. Ini adalah pesta buku terbesar pertama yang saya hadiri. Ini artinya saya berhasil mewujudkan salah satu cita-cita saya. Bayangkan saja! Berangkat dari kota kecil yang sangat minim dengan acara sebesar ini, tentulah pengalaman tersendiri. Luar biasa!

Dan, sejak memasuki pintu masuk IBF 2012 pada hari Sabtu tanggal 17 November itu, penjelajahan pertama saya di sebuah surga para pencinta buku resmi dimulai. Ada debar yang tak terkatakan saat langkah kaki menyusuri jalan masuk. Aroma kertas menguar memenuhi rongga hidung dari setiap deretan buku yang tercetak jelas di indra penglihatan saya. Panas kota Jakarta pun mendadak berubah menjadi kesejukan luar biasa. Sejuk di tubuh, sejuk juga di hati. Duh!

Menyusuri setiap lorong, seakan pikiran saya tersedot ke sebuah pusaran ilmu yang tak terhingga. Ingin rasanya menenggelamkan diri selamanya di sana. Tidak salah. Deretan penerbit-penerbit terkenal berebut mencuri perhatian saya lewat potongan harga yang sungguh menggoda isi dompet. Dan, selain kamu, rayuan buku adalah hal yang paling bisa membuatku luluh. Gila!

Tidak berhenti di situ saja. Setiap lembaran kertas mendadak menjelma bidadari-bidadari cantik yang siap untuk dijamah. Ah! Begini rasanya. Terlebih saat akhirnya saya bertemu dengan seorang teman dari Lombok juga yang sedang merintis karir di Jakarta. Debar-debar bahagia tak henti-hentinya mengantarkan kabar tentang Lombok dan segala keindahannya setelah berpisah hampir setahun lamanya.

Kebahagiaan tidak berhenti di situ saja. Setelah melalui perjalanan panjang, saya akhirnya bertemu teman-teman. Bersama mereka kebahagiaan ada di setiap jejak kaki menyusuri setiap stan penerbit. Hingga akhirnya, waktu juga yang berkuasa. Pertemuan harus diakhiri dengan perpisahan. Setelah makan di Senayan City, saya dan teman-teman membubarkan diri. Petualangan tidak berhenti begitu saja. Sepulang mereka, langkah kaki saya kembali tergelitik untuk kembali ke area IBF 2012 dengan menenteng tas hasil perburuan sebelumnya.

Kali ini saya memilih jalan masuk yang berbeda. Dan, kalian tahu apa yang aku temukan di dekat pintu masuk itu? Surga kecil! Sebuah stan buku bekas menggoda tanganku untuk menjamah satu per satu koleksinya. Tidak ada potongan harga di sini, kecuali punya cukup urat malu untuk menawar serendah-rendahnya. Beruntung selama di Lombok saya sering mengantarkan kakak belanja di pasar. Darinya, saya belajar teknik menawar. Berhasil. Buku-buku bekas karya Dan Brown pun berpindah dari rak ke tangan saya dengan harga murah. Nikmat, kan?

Setelah berhasil membebaskan diri, stan-stan penerbit besar giliran menawarkan kebahagiaan. Saya berhenti cukup lama saat melewati stan Gramedia. Tahu kenapa? Di sana sedang ada book signing oleh Om @Gol_A_Gong. Hanya saja, saya tidak berhasil mendapatkan tanda tangan untuk Catatan Si Roy 1 – 5. Meskipun begitu, saya bisa bersalaman dengan beliau. Bahagia!

Keberuntungan tidak berhenti begitu saja. Kali ini adalah panggung utama yang menawarkan sebuah acara talkshow dan premiere film 9 Summers 10 Autumns. Dan, salah satu hal asyik yang saya dapatkan adalah berkesempatan untuk ‘mencuri’ ilmu kepenulisan dari Mas Iwan Setiawan, penulis bukunya. Sayang, saya tidak membawa serta buku 9 Summers 10 Autumns dan Ibuk untuk ditandatangani beliau. Sedih, ya? Namun, saya tidak terlalu sedih, karena saat itu juga mendapat bonus tambahan ilmu tentang dunia akting dari aktor kawakan Alex Komang dan aktris yang juga mantan Puteri Indonesia, Agni Pratistha. Seru, kan?!

Jadi, jika kamu juga ingin mendapatkan keseruan yang pernah saya dapatkan, #AyoKeJakBook2014 tanggal 23 Mei – 1 Juni 2014 di Istora Senayan!

Kenapa harus ke Jakarta Book Fair 2014 (JBF 2014)?

Sama halnya dengan IBF, JBF juga menawarkan banyak keseruan. Pastinya ada promo dan diskon buku. Juga ada beberapa acara seru lainnya di Panggung Utama yang dimulai pukul 13.00 WIB, di antaranya, yaitu launching buku dan talkshow dengan penulis keren. Kece, kan?

Apa saja hal seru dalam JBF 2014?

Banyak! Beberapa di antaranya, yaitu:
1. Diskon 40% Semua Buku @penerbitchange hanya di @JakartaBookFair! Download katalognya di sini

2. Launching #FestivalSeries + Talkshow “Publish Your Novel Today!” Oleh Penerbit @teennoura pada hari Sabtu tanggal 24 Mei 2014 pukul 15.00-16.30 WIB;

3. Demo Comic & Sketch Signing HijaboComic di booth @qultummedia Jakarta Book Fair pada 29 Mei 2014. Info: @hijabographic;

4. Diskon hingga 70% dan hadiah dari berbagai acara menarik lainnya (fashion show dan mewarnai) dari Penerbit Erlangga di stand nomor 119, 120, 124 & 125 (Depan Panggung Utama). Info selengkapnya di sini.

5. Acara book signing & sketch komik Mamomics dari Penerbit Anak Kita (@_anakkita) di @JakartaBookFair pada hari Kamis tanggal 29 Mei 2014 pukul 14.00-17.00 WIB di Istora Senayan, stan nomor 131.

6. Info beasiswa Sampoerna Foundation (@psfoundation) di Panggung Utama tanggal 23 Mei 2014 pukul 16.30-18.00 WIB;

7. Talk Show, Workshop, Jumpa Editor, Jumpa Penulis di stan penerbit @GagasMedia di Panggung Utama dari tanggal 23 Mei sampai 1 Juni 2014.

Bukan itu saja pastinya! Banyak promo dan diskon buku serta masih banyak acara seru lainnya sepanjang perhelatan JBF 2014 yang akan dibuka tanggal 23 Mei 2014 pukul 13.30 – 16.30 WIB ini. Jaga terus linimasa @JakartaBookFair untuk info acara selengkapnya! Daftar acara untuk Panggung Utama, silakan baca selengkapnya di sini.

Jangan ketinggalan! #AyoKeJakBook2014 dan temukan surga para pencinta buku yang sesungguhnya!

Salam pencinta buku,

– mo –

One thought on “#AyoKeJakBook2014 – Apa Asyiknya @JakartaBookFair 2014?!

Leave a Reply

