7 Barang yang Wajib Dibawa Saat Traveling ke Lombok

Informasi penting bagi yang berencana menghabiskan liburan di Lombok. Kenapa penting? Jadi begini. Lombok adalah kawasan wisata yang memiliki banyak keunikan. Bukan saja objek wisata, tetapi juga kuliner dan cuacanya. Tentu diperlukan perencanaan yang baik agar liburan tidak terganggu, bukan? Terlebih dalam perencanaan anggaran dan itinerary. Lalu, apa saja yang harus disiapkan oleh wisatawan yang berkunjung ke Lombok? Ini dia!
  1. Kamera dan Tongsis. Jalan-jalan tanpa bawa kamera, bagai sayur tanpa garam. Hambar. Rasanya sayang saja kalau keindahan Lombok tidak diabadikan dalam lensa. Bagaimanapun juga, banyak cerita keindahan yang bisa dikabarkan lewat selembar foto. Apa pun merek dan jenis kamera, tentu tidaklah masalah. Bahkan hanya dengan menggunakan kamera telepon seluler pun tidak masalah. Hal ini tergantung pada keinginan masing-masing individu. Pengunjung yang hobi fotografi pasti memiliki fasilitas yang lebih lengkap. Termasuk di dalamnya adalah tripod. Sedangkan bagi backpacker bisa saja hanya membawa kamera digital. Intinya adalah jangan lupa bawa kamera. Buat yang hobi foto selfie dan narsis, alat ini akan sangat membantu. Terutama jika ke Lombok sendirian saja. Tentu alat ini akan sangat berguna. Hal ini juga mengingat, beberapa objek wisata di Lombok masih ada yang sepi. Saat tak ada orang untuk dimintai bantuan atau malu minta bantuan, alat ini menjadi senjata utama untuk mengambil foto diri di objek wisata sepuasnya.
  2. Telepon Seluler dan powerbank. Jalan-jalan ke Lombok, sebisa mungkin membekali diri juga dengan telepon seluler sederhana selain smartphone. Kenapa? Banyak objek wisata di Lombok yang tidak memungkinkan koneksi internet. Untuk berjaga-jaga, tentu telepon seluler sederhana ini akan sangat membantu. Telepon seluler jenis ini memiliki ‘kehidupan’ baterai yang lebih panjang dibanding smartphone. Seperti kita tahu, smartphone boros baterai saat mencari jaringan. Kekuatan bertahan ini setidaknya membuat komunikasi lewat telepon atau SMS bisa tetap berjalan. Masalah yang sering dihadapi pengguna smartphone adalah baterai yang boros. Menyiapkan powerbank dengan daya penuh adalah solusi bijak. Terlebih daerah di Lombok yang beberapa objek wisatanya tergolong miskin sinyal. Perangkat ini akan sangat membantu untuk tetap bisa eksis di objek wisata.
  3. Obat-obatan. Penting? Iya. Sangat penting. Tentu tidak ada orang yang ingin sakit, kan? Namun namanya jufa sakit, datangnya kadang pada saat tidak diduga. Bahkan bisa saja saat sedang merasakan dan merayakan bahagia. Hal ini pastinya akan membuat bete di objek wisata. Terlebih cuaca di Lombok tergolong tidak menentu dan kadang-kadang sangat ekstrim. Jadi tidak ada salahnya menyiapkan obat-obatan. Bukan karena di Lombok tidak ada apotik lho, ya. Banyak, kok. Hanya saja fasilitas kesehatan di beberapa objek wisata di Lombok masih minim. Adapun jenis obat yang wajib disiapkan adalah obat ringan (sakit kepala, minyak kayu putih, sakit perut) dan obat untuk penyakit khusus yang diderita.
  4. Perlengkapan Ibadah. Bisa menikmati keindahan objek wisata di Lombok haruslah disyukuri. Salah satu bentuk syukur adalah dengan taat menjalankan ibadah. Terutama bagi seorang muslim, perlengkapan ibadah ini menjadi sangat penting untuk disiapkan. Bukan tanpa alasan. Kondisi geografis beberapa objek wisata di Lombok adalah alasannya. Belum semua objek wisata yang ada didukung sarana dan prasarana ibadah. Memang Lombok adalah pulau seribu masjid, tetapi tidak semua objek wisata dekat dengan masjid.
  5. Buku dan Peta Manual Lombok. Iya. Buku. Wajib dibawa untuk mengisi perjalanan dan setibanya di objek wisata. Tidak ada salahnya jika tiba di objek wisata, mencari tempat nyaman untuk membaca buku. Bukan saja buku panduan wisata di Lombok, Dong Ayok ke Lombok seri pantai, misalnya, tetapi bisa buku apa saja. Ada sensasi berbeda saat beristirahat dengan membaca buku di objek wisata. Selain terlihat keren, juga efektif membunuh waktu. Lalu untuk apa peta manual Lombok? Jelas agar tidak tersesat. Kan ada google maps. Tunggu! Tidak sesederhana itu. Sudah tahu kan kondisi jaringan internet di Lombok? Itu gunanya peta manual ini. Akan sangat membantu saat mengeksplorasi keindahan tersembunyi di pulau Lombok. Ya… Terkecuali keliling Lombok dengan menggunakan jasa guide, sih. Itu beda kasus. Jelas peta manual ini tidak dibutuhkan. Namun ini akan sangat membantu solo backpacker.
  6. Kacamata dan Topi. Barang sederhana ini akan sangat berguna ketika memutuskan untuk mengeksplorasi keindahan pantai-pantai di Lombok. Manfaat dari membawa barang-barang ini rasanya tidak perlu dijelaskan lagi.
  7. Daftar Kontak. Mengunjungi Lombok sendirian tentu butuh keberanian dan persiapan matang. Selain kondisi geografis, juga adat dan budaya masyarakat setempat. Kendala yang umum dihadapi wisatawan di objek wisata adalah bahasa daerah. Beberapa masyarakat di objek wisata kurang memahami bahasa Indonesia. Mereka pun memilih berkomunikasi dengan bahasa Sasak. Butuh orang lain pastinya untuk membantu menerjemahkannya. Salah satunya adalah mengontak teman yang tinggal di Lombok. Keuntungannya selain bisa membantu dalam hal bahasa masyarakat setempat, juga sebagai sumber informasi rute, objek-objek wisata, dan siapa tahu ada waktu untuk jalan bareng. Seru, bukan?

Tentu tujuh hal di atas tidak harus dilakukan secara penuh. Toh tidak ada aturan yang mengharuskannya, kan? Namun jika bisa dipersiapkan seluruhnya, tentu perjalanan menikmati keindahan serpihan surga di bumi akan lebih menyenangkan.

Selamat menjelajah keindahan Lombok! ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s