7 Kata Bahasa Sasak Wajib Bagi Wisatawan Lombok

Sudah siap dengan barang yang wajib dibawa saat ke Lombok? Sekarang kita lanjutkan dengan belajar sedikit bahasa Sasak. Tujuannya agar mudah beradaptasi dengan masyarakatnya.

Mengunjungi Lombok, mau tidak mau harus berinteraksi dengan masyarakatnya. Adat dan budaya berbeda tentu menghadirkan beragam cerita. Termasuk di dalamnya adalah perihal bahasa. Masyarakat Lombok yang pada dasarnya ramah, akan lebih ramah lagi jika diajak berkomunikasi memakai bahasa ibunya. Hanya saja mempelajari bahasa lain tidaklah semudah membalik telapak tangan. Namun bukan berarti tidak bisa dipelajari, bukan?

Nah! Berikut ini adalah tujuh kata wajib untuk dikuasai yang bisa menghangatkan hubungan antara wisatawan dengan masyarakat suku Sasak. Apa sajakah itu?

  1. Tabik. Kata ini berarti ‘permisi’. Dipakai pada saat Anda sedang berjalan melewati sekumpulan masyarakat suku Sasak di lokasi objek wisata. Menggunakan kata ini bisa membuat mereka yang sedang Anda lewati merasa dihargai.
  2. Silaq. Arti dari kata ini adalah ’silakan’. Tepat digunakan pada saat Anda akan pamit meninggalkan sebuah obrolan atau mempersilakan teman suku Sasak untuk melakukan sesuatu.
  3. Tampi Asih. Kata ini artinya adalah ‘terima kasih’. Penggunaannya sama pada kata ‘terima kasih’ yang berlaku di masyarakat pada umumnya.
  4. Ampurayang. Arti kata ini adalah ‘maaf’. Pemakaiannya sama dengan kata ‘maaf’ yang berlaku di masyarakat pada umumnya.
  5. Nggih. Artinya adalah ‘iya’ dalam versi Sasak halus atau lebih sopan. Sama halnya dengan kata-kata yang lain, penggunaan kata ini juga sama seperti itu. Kata ini diucapkan untuk menghormati orang lain.
  6. Ndek Kembe-kembe. Kata ini berarti ‘tidak apa-apa’, ‘it’s okay‘ atau ‘woles’. Kata ini digunakan pada saat sekiranya ada seseorang yang meminta maaf karena telah melakukan hal kecil yang menyebabkan Anda kurang nyaman.
  7. Sampun. Kata ini artinya ’sudah’. Digunakan untuk menjawab jika Anda ingin menolak tawaran dari seseorang secara halus atau menjawab pertanyaan tentang sudah atau belum mengerjakan sesuatu.

Mudah, kan? Semoga bermanfaat jika suatu hari Anda diberi kesempatan untuk mengunjungi Lombok.

Dong ayok ke Lombok!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s