#DukungGERMAS – Cek Kesehatan: Langkah Awal Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular

Temu Blogger Kesehatan NTB 2017 masih berlangsung hingga sebelum waktu salat Jumat tiba. Setelah sesi perkenalan selesai, acara dilanjutkan dengan sesi paparan materi.

Dalam sesi bertajuk ‘Pengelolaan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular’ ini menghadirkan dr. Birry Karim, Sp.PD (PAPDI) yang memaparkan materi menarik tentang berbagai hal terkait penyakit tidak menular.

Dokter muda kelahiran Jakarta tanggal 19 Agustus 1981 ini menuturkan, “Kalau mengetahui gejala penyakit sejak awal, setidaknya kita lebih aware terhadap penyakit.”

Lebih lanjut dokter spesialis penyakit dalam ini memaparkan tentang gejala klasik berbagai penyakit tidak menular. Di antaranya, yaitu penyakit hipertensi, diabetes, jantung koroner, dan stroke. Contoh gejala klasik penyakit gula seperti sering haus, sering kencing, dan sering lapar. Ketiga gejala ini harus diperhatikan untuk mengetahui gejala penyakit gula lebih awal. Selain itu juga alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini menegaskan tentang pentingnya melakukan cek kesehatan secara rutin, baik ada gejala penyakit maupun tidak.

Menjawab pertanyaan dari peserta tentang hipertensi, dokter alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini menjelaskan bahwa tekanan darah normal pada manusia itu tidak berdasarkan umur seseorang.

Sedangkan tentang penyakit gula, nara sumber menyampaikan, meskipun merupakan penyakit keturunan, tetapi tidak serta diturunkan begitu saja. Anak dengan orang tua yang mempunyai penyakit gula memang berpotensi menderita penyakit gula juga jika tidak dikontrol gaya hidup dan latihannya. Demikian juga berlaku bagi anak yang kedua orang tuanya tidak punya riwayat penyakit gula. Tetap berpotensi menderita penyakit gula jika tidak terkontrol gaya hidup dan latihannya.

Demikian garis besar paparan singkat sesi kedua.

mo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s