Bagi masyarakat Lombok, Google Gapura Digital adalah hal baru. Kenapa? Karena memang baru pada tahun 2019 ini, Google Gapura Digital resmi masuk di wilayah Lombok. Wah! Lombok beruntung sekali, ya? Pastinya! Kok bisa?

Agar bisa tahu alasannya, kita mengenal Google Gapura Digital lebih dulu, yuk!

Gapura Digital itu apa, sih?

Gapura Digital (Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat secara Digital) merupakan program yang diinisiasi oleh Google untuk mendukung Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia agar bisa lebih memajukan bisnisnya secara digital. Gapura Digital yang dilaksanakan sejak tahun 2017 di 10 kota ini merupakan kelanjutan program Gapura yang dirintis pada tahun 2014 di 6 kota di Indonesia. Perbedaan Gapura Digital dengan Gapura, yaitu Gapura Digital seminggu sekali dengan kelas yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan peserta. Sedangkan Gapura hanya dilaksanakan dalam satu kali pertemuan.

Gapura Digital untuk Semua Pelaku UKM (Sumber: Gapura Digital)

Kenapa Harus Ikut Kelas Gapura Digital?

Program yang diperuntukkan bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah Indonesia yang siap membuka peluang usaha ke tingkat selanjutnya melalui digital ini diselenggarakan secara gratis, lo! Selain itu, calon peserta bisa memilih kelas yang sesuai kebutuhannya atau mengikuti semua kelas yang ada. Dan, setelah mengikuti kelas akan mendapat sertifikat dari Google. Keren, kan?

Sertifikat Tanda Mengikuti Pelatihan (Sumber: Gapura Digital)

Eits! Tunggu dulu! Bukan hanya sertifikat saja, lo. Namun, dengan mengikuti kelas juga sekaligus berarti bisa bertemu dan berbagi pengalaman dengan pelaku usaha lainnya. Dengan demikian, jaringan bisnis akan semakin luas. Dan, setelahnya tinggal mengembangkan usaha secara digital. Mantul!

Kelas di Gapura Digital (Sumber: Gapura Digital)

Kelas yang Dibuka Apa Saja, Ya?

Ini, nih, daftar kelas yang bisa diikuti oleh pelaku UKM:

  • Siap Digital. Di kelas ini akan diberikan materi dasar tentang dunia digital kaitannya dengan bisnis. Materi yang diberikan meliputi Panduan Dunia Digital, Google Bisnisku, Mengembangkan Bisnis Makanan dan Minuman serta Fashion dan Kecantikan.
  • Handal Digital. Materi di kelas ini meliputi Tips Website Efektif, Cara Membuat Website, Strategi Konten Marketing dan Copywriting serta Trik Membangun Merek Melalui Video.
  • Profesional Digital. Kelas ini akan memberikan materi komprehensif tentang pemasaran produk. Materi yang diberikan seputar Pengenalan SEO dan Dasar-dasar Iklan.
  • Kelas Womenwill. Kelas ini khusus bagi para perempuan yang ingin mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan teknologi digital.

Di Lombok sendiri sebelum kelas-kelas tersebut dibuka pendaftarannya, Gapura Digital terlebih dahulu melakukan seleksi Trainer melalui Train the Trainer (TTT). Dari pelatihan yang diselenggarakan dari tanggal 23 sampai 24 Februari 2019 di Hotel Idoop tersebut, terpilih 15 orang yang dinilai siap dan berkompeten memfasilitasi kelas.

Sebagai salah seorang peserta, pelatihan tersebut meninggalkan kesan yang mendalam. Betapa tidak. Pelatihan tersebut merupakan pelatihan pertama terkait UKM yang saya ikuti. Banyak hal baru saya pelajari untuk memajukan bisnis Agen Pembayaran yang sedang saya rintis. Saya bahagia!

Bertemu dan Berbagi Pengalaman dengan Pelaku Usaha (Sumber: Gapura Digital)

Selain itu, dalam pelatihan yang berjalan secara maraton dengan jeda sebentar untuk salat saya berkesempatan bertemu dan berbagi dengan pelaku UKM dan startup yang ada di Lombok. Kesempatan langka itu bermanfaat untuk menambah ilmu dan pengalaman tentang jatuh bangun dalam menjalankan bisnis. Seru!

Sebuah Upaya Mengembangkan Usaha (Sumber: Gapura Digital)

Materi-materi yang diberikan dalam pelatihan pun meninggalkan kesan misterius. Membuat selalu ingin dipelajari dan terus dipahami. Berbagai materi sangat bermanfaat ke depannya. Dan, tidak lupa dengan status sebagai relawan, melalui pelatihan itu setidaknya bisa menjadi pembuka jalan bagi saya untuk bermanfaat bagi sesama.

Bukankah sebaik-baiknya orang adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain?

Sumber: WAG GD Lombok

Yuk tonton video kesan-kesan selama mengikuti pelatihan di sini.

Wah rasanya beruntung sekali Gapura Digital hadir di Lombok! Anda juga ingin merasakan keberuntungan yang sama?

Ayo segera daftar kelas gratisnya. Info selengkapnya silakan klik di sini.

– mo –

One thought on “Mengenal Google Gapura Digital, Yuk!

  1. wah baru tahu nih saya ttg google gapura digital, jadi penasaran pengen ke lombok, makasih banyak kak udah mau berbagi 🙂

    ijin follow yak untuk update post terbaru di blog sobat, semoga berkenan menjalin perteman dengan saya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s